Tuesday, June 7, 2022

Cuma Mau Dipeluk Aja, Makasih

Ternyata, ikhlas itu susah ya? Ternyata, sembuh itu susah, ya? Ternyata, percaya itu kayaknya nggak bakal bisa tumbuh lagi kalau kecewanya udah lebih dari satu kali.

Mungkin akan tumbuh, tapi nggak tau kapan.

Judulnya alay kan? 

Alay, tapi kenyataannya ya memang begitu. Alay, tapi... setidaknya itu yang gue rasain. Gue tau apa yang gue mau, gue tau apa yang harus gue lakukan, tapi gue nggak tau gimana mendorong diri gue sendiri buat ngelakuin itu. Iya, buat move on. Buat nggak ngarep apa-apa lagi. Buat berhenti sedih.

Miris rasanya. Kisah gue sama dia kayak belom selesai, tapi sebenernya ya... udah. Dipaksa selesai karena mau nggak mau emang endingnya begitu.

Hidup di dunia kayaknya lebih banyak diisi dengan paksaan yah. Segala hal rasanya penuh dengan "mau nggak mau", karena cuma Tuhan yang bisa tau hal terbaik buat ciptaan-Nya; dan kita nggak mungkin di-spoilerin apa-apa. Trailer aja nggak ada.

Sering kali manusia nggak terima sama apapun yang udah diatur. Gue, gue salah satunya. Penginnya sama orang ituuuuu aja, padahal Tuhan itu udah kasih signal kalo bukan dia orangnya, things would never work out with him, so JUST FUCKING STOP AILIN.

Andaikan mulut sama tindakan bisa singkron, gue udah move on sejak hari pertama putus kayaknya. Heran nggak sih kenapa kok gue kayak sulit banget move on? Heran, lah.

Gue nggak pernah merasa dicintai seperti itu sama cowok, jadi gue kaget ketika ada yang kayak cinta banget sama gue. Dari situ, gue merasa "Oh ternyata ada kok yang ga sebrengsek mantan sebelumnya,"

Tapi ternyata ya... yaudah. Sama aja. Apa gue emang gak worth it kali ya buat disayang, pikir gue.

Apalagi, pas putus, dia seolah-olah buru-buruin gue buat buka hati lagi. HAHA. Menurut lo gue bisa buka hati secepat itu? Udah satu tahun lewat aja gue masih belom sepenuhnya move on. 

Bukan, bukan masalah buka hatinya doang. Sembuhin traumanya, beresin patahnya, dan yang paling penting: finding myself again. 

I lose myself, literally. Gue kehilangan Ailin yang ceria, yang tidak fake, yang bisa jadi dirinya sendiri, yang rewel, dan yang selalu positif thinking sama segala hal. 

Semenjak putus dari yang terakhir, it is really hard to trust anyone anymore. Gue nggak tau lagi caranya gimana.

Apakah ini salah dia doang? Ya, enggak. Dari awal, gue juga yang nggak aware, gue juga yang berani-beraninya ambil risiko mulai sama orang baru. Bego. Coba aja gue nggak pernah sama dia, coba aja... 

AhhHH, kadang gue suka bingung sendiri. Sebenernya, kenapa ya sama hidup percintaan gue? Kayak... gue selalu salah. Selalu nggak pernah bener. Selalu nggak disayang; ntar dibohongin lah, dahlah gue kayaknya udah cukup. 

Cukup ngerasa worthless gara-gara relationship. Cukup mempertanyakan diri gue karena mulai relationship.

Padahal, kalo diliat lagi.. banyak kok yang sayang sama gue. Cuma guenya aja bego, nggak bersyukur.

Dari dulu, kebiasaan jelek gue adalah membanding-bandingkan, susah ngakuin kesalahan, kebanyakan minta maaf, dan gue nggak pernah berubah. Selalu begitu sampai sekarang.

Yang paling ketara ya nggak bersyukur itu. Nggak bersyukur udah dikasih kehidupan yangs edemikian rupa, nggak bersyukur punya papa, sampe akhirnya bapak gue udah diambil lagi sama Tuhan.

Kalau gue boleh jujur, bapak gue ya.... begitu. Gue aja nggak deket sama bokap gue, nggak tau apa-apa tentang dia, tentang obatnya. Gue sangat amat menjaga jarak. Bahkan, gue sempet nanya ke Tuhan, sebenernya Tuhan maunya apa. Kenapa bokap gue jadi menderita banget? Kenapa Tuhan bikin orang-orang di sekitar bokap gue jadi repot? Kenapa Tuhan bikin bokap gue suka marah-marah?

Mempertanyakan hal-hal nggak perlu. Padahal, gue bisa coba aja mengerti keadaan dan hidup di dalamnya. Lapang dada dan hadepin semuanya.

But there's no manual to be ikhlas. You just processing it. Right? 

Nggak tau gue nulis apa, tapi ini udah pasti ngalor ngidul. Nggak perlu dibaca, nggak perlu ditanggapi juga. Gue cuma mau luapin apa yang ada di otak gue,

iya. Berantakan.

No comments:

Post a Comment